Wednesday 17 September 2014

Pasar Induk Palembang

Peta Pasar Induk Jakabaring Palembang 
Pasar Induk Jakabaring di Palembang merupakan Pasar Induk (sayur dan buah) kedua yang kami kembangkan setelah Pasar induk Tanah Tinggi Tangerang. Aktivitas perdagangan harian dipersiapkan sampai 800 ton.
Dengan pertimbangan  keunggulan kota Palembang  sebagai “kota air“ yang memanfaatkan lalu lintas air sebagai alat transportasi antar kota/daerah terpencil di sekitar Palembang, maka demi efisiennya operasional, Pasar Induk ditempatkan di tepi sungai agar efisien dan hubungan perdagangan antar kota/ daerah terpencil di Palembang lebih mudah. Pasar Induk Jakabaring merupakan pusat perekonomian rakyat yang dikembangkan dengan Sinergi lintas sektoral, dimana kami membangun Pasar Induk, Pemerintah Daerah membangun terminal, Pasar Ikan dibangun oleh Departemen Kelautan dan Cold-Storage untuk Pasar Ikan dibangun oleh Departemen Perdagangan, sedangkan Dermaga dibangun oleh Departemen Perhubungan.
Lapangan Kerja yang Terkait
  1. Di Pasar
    • Terdapat 4.000 orang yang beraktivitas di pasar (pedagang, sopir, buruh, keamanan, kebersihan, dll).
    • Asal pasokan: 80% Pagaralam - Padang - Lampung, 20% Jawa - Medan
  2. Di Daerah Produsen
    • Dengan kapasitas perdagangan 800 ton/ hari akan mempengaruhi pendapatan daerah produsen seluas 20.000 ha (lapangan kerja untuk ± 100.000 kel didaerah pertanian) 
    • Mensuplai kota Palembang dan sekitarnya serta pulau-pulau kecil di sekitar Sumatera Selatan.
Aktivitas Pasar Induk Jakabaring PalembangAktivitas Pasar Induk Jakabaring PalembangAktivitas Pasar Induk Jakabaring Palembang

No comments:

Post a Comment